【TRANSLATE】 Rin Okabe Solo Interview | Team 8 6th Anniversary Book

"REMEMBER YOU"


"Aku ingin agar apa yang kupelajari dari Kashiwagi dan Sashihara bisa kusampaikan dengan baik pada Team8"

Team8 tidak punya seorang captain tapi Okabe Rin punya peran sebagai salah satu member yang mengemban tugaa tersebut. Lalu, apa yang dia pikirkan tentang era baru yang terjadi di Team8?

Q: "Apa yang anda pikirkan tentang Team8 yang sekarang?"
Okabe: "Zenkoku Tour yang akan segera mencapai akhirnya dan mulai banyak member yang membicarakan bahwa masing-masing dari mereka pengen tampil di Zenkoku Tour. Hal ini karena member yang tampil di konser Zenkoku Tour setiap daerah itu tidak bisa semua dan selalu dibatasi. Aku sedih Zenkoku Tour akan berhenti setelah melewati satu putaran dan karena itu, saat ini aku makin ingin terus tampil bersama mereka."

Q: "Selama setahun terakhir, beberapa member yang jadi juru kunci dalam tim satu per satu mulai meluluskan diri, ya?"
Okabe: "Iya, memang tahun lalu banyak sekali member yang buru-buru meluluskan diri. Aku sangat sedih ketika mendengar keputusan mereka dan merasa sangat pesimis karenanya. Pikiranku saat itu, padahal aku masih ingin tampil bersama mereka di panggung yang lebih besar lagi. Bila member yang bertugas tampil di posisi depan lulus semua, maka dari segi penampilan kemungkinan besar pasti akan sangat menurun. Sisi negatifnya adalah para member akan kesulitan untuk tampil mengimbangi posisi yang telah ditinggalkan tapi sisi positifnya adalah aku berhasil mempertahankan perasaanku untuk tak boleh goyah saat ini."

Q: "Apa anda merasakan perubahan baru yang signifikan ketika menari bersama member yang sudah menjadi perwakilan baru?"
Okabe: "Menurutku, pastinya ada kekuatan yang berbeda dari masing-masing member yang terlihat. Kehilangan member yang menjadi penggerak tim, sejujurnya... Tapi, tak ada gunanya untuk terus cemas dengan hal itu jadi aku akan berusaha agar tim ini bisa meraih kembali tingkat kekuatan seperti dulu lagi."

Q: "Salah satu keuntungan yang ada di tahun 2019 adalah banyak member baru yang turut bergabung, ya?"
Okabe: "Sebelumnya, memang belum pernah terjadi pelaksanaan audisi secara beruntun dibeberapa prefektur, sih. Ketika banyak member yang turut bergabung, membuat para senior harus turun tangan dan harus penuh kesabaran untuk mengajar mereka dan sulit juga dalam membuat suatu ruang untuk menyambut mereka dengan sepenuh hati agar bisa nyaman disini tapi sejak mereka diperkenalkan awal musim gugur tahun lalu, kami para senior sudah sangat siap untuk menerima mereka dengan senang hati. Kami sudah berketetapan hati untuk membuat corak baru di Team8 bersama mereka. Faktor utamanya adalah karena Team8 sudah melalui tahun keenam dan semuanya sudah berkembang dan menjadi lebih dewasa untuk melalui hal ini. Selain itu, member sebanyak itu yang bergabung jadi pasti akan menciptakan sebuah lingkaran baru diantara mereka dan mereka pasti akan saling ngerumpi bareng sehingga tak akan ada lagi member penyendiri."

Q: "Itu lebih baik bila dibanding dengan satu member saja yang bergabung, 'kan?"
Okabe: "Tentu saja. Karena itu, aku senang member yang bergabung bisa sebanyak itu. Lagipula, ini kesempatan yang bagus untuk melihat bagaimana mereka bisa menciptakan lingkungan persaingan maupun kerjasama diantara mereka."


"Aku berpikir untuk menuang semuanya lewat kata-kata"
"Aku ingin membuat suatu cara agar bisa tersimpan dalam ingatan mereka"


Q: "Hal apa yang anda berikan untuk Team8 selama setahun terakhir ini?"
Okabe: "Aku rasa, usaha keras dan daya juang Yuiyui selama ini membuat dampak baru bagi semua member tapi disisi lain aku berpikir untuk menuangkan semuanya lewat kata-kata. Aku sering sok beri usulan di grup LINE Team8. Misalnya, ketika mempromosikan diri untuk menarik perhatian penggemar agar datang ke Akushukai seperti, "Pada dasarnya, kita juga berkontribusi besar dalam dunia musik jadi jangan pernah lupa akan hal itu. Oleh karena itu, aku ingin kalian juga memikirkan cara untuk mempromosikan diri agar bisa ada hubungan dengan musik didalamnya". Bila kita melihat para staff berusaha melakukan banyak hal demi Team8, jangan hanya menerima begitu saja tapi kita juga harus menunjukannya dengan perkataan maupun sikap untuk berterima kasih atas kerja keras mereka. Aku juga sering menyampaikan serangkaian usulan seperti ini pada semua member. Alasan mengapa aku melakukannya karena ini adalah hal yang kupelajari dari Kashiwagi Yuki dan Sashihara Rino sewaktu aku terpilih dalam member senbatsu. Mereka mengajarkan beberapa hal penting yang harus diperhatikan selama ini di depan semua senbatsu member. Lalu, hal penting yang kupahami, itu artinya kita harus melanjutkan apa yang member senior lakukan. Jadi, aku akan langsung menyampaikan bila ada hal yang kupikirkan lalu aku yakin pasti serangkaian usulan yang kusampaikan pasti akan terus tersimpan dalam ingatan dan berlajut pada mereka. Saat ini, aku dan Sato Akari yang paling tua di Team8 jadi sudah saatnya untuk turun tangan dan kami berhasil berusaha selama setahun terakhir."

Q: "Team8 sudah 6 tahun berdiri dan bisa anda jelaskan sekali lagi apa yang menjadi kelebihan tim ini?"
Okabe: "Team8 itu adalah tim yang tak mudah bagi siapapun untuk bisa mewujudkan impiannya dan kurasa kalian pasti beruntung bila mendukung tim ini. Kita juga agak kesulitan untuk meraih peringkat pertama di Request Hour karena salah satu faktor belum lengkap dengan semua member tapi kita tak punya pilihan selain harus terus melangkah maju meraih impian kita. Dengan begitu, Team8 pasti akan akan semakin mendapat dukungan dari para penggemar."

Q: "Waktu memulai tugas sebagai member kennin sudah berjalan begitu lama, apa kesan anda selama ini?"
Okabe: "Banyak member yang kesulitan untuk membagi jadwal setelah dikennin tapi hal ini membuat kita bisa menemukan saingan baru dalam tim dan kita bisa merasakan tekanan lain yang tidak pernah dirasakan selama berada di Team8.
Artinya, hal ini bisa membangkitkan semangat juang untuk bersaing secara kompetitif dan menurutku kennin adalah pilihan yang tepat."

Q: "Apa ada member kennin yang belum bisa menunjukkan seluruh kemampuannya?"
Okabe: "Kebetulan sekali, aku salah satunya. (lol). Lagipula aku lebih merasa nyaman di Team8 tapi member baru juga sudah punya kordinator untuk mereka sendiri. Aku juga tak boleh terus merasa cemas dengan berbagai hal. Menurutku, aku juga perlu sesekali berada dibawah tekanan. Lagipula setelah dikennin, diriku mendapat berbagai motivasi diri dan aku takkan pernah tau berbagai hal bila tak merasakan pengalaman sebagai captain Team A. Aku juga bisa akrab dengan member lain berkat hal ini. Aku yakin bahwa hal ini semakim menambah nilai positif yang ada dalam diriku."

Q: "Hal apa yang paling mengharukan selama setahun terakhir ini?"
Okabe: "Bisa tampil bersama semua graduate member di "Eito no Hi". Aku sangat terkesan melihat para member generasi pertama dan generasi setelahnya bisa tampil bareng di atas panggung. Aku juga terharu melihat raut wajah para penggemar yang merasa kangen dengan pemandangan seperti dulu lagi. Kalau raut wajah para graduate member, seperti merasa reuni kembali seperti dulu lagi. Kita semua merasakan pengalaman yang sama jadi kenangan yang diingat pun pasti sama. Inilah yang ada dalam pikiranku selagi tampil diatas panggung kala itu."

Q: "Apa yang anda rasakan ketika graduate member mulai berpikir untuk memutuskan memilih jalan hidup yang berbeda?"
Okabe: "Mereka seperti ingin memulai sebuah kehidupan yang baru tapi ilmu yang mereka terima dan teman yang mereka dapat disini takkan pernah hilang begitu saja. Aku juga merasa disini bukan tempat dimana garis finish itu berada tapi ilmu yang kuterima disini bisa kuterapkan di dunia hiburan. Walaupun member memilih jalan yang berbeda dari dunia ini dan bila kegiatan Idol bersama Team8 bisa menjadi sebuah manfaat atau kenangan indah tak terlupakan, itu pun merupakan hal yang sangat indah rasanya. Aku juga bersyukur kegiatan Team8 bisa terus berlanjut sampai saat ini dan aku akan terus berusaha untuk melewati rintangan di tahun ketujuh ini."




Terjemahan scan vers.




•☆•

Diterjemahkan oleh Juergen
Foto oleh 8Nesia Media


Post a Comment

Gunakan bahasa yang baik dan benar :D

Previous Post Next Post